test banner SELAMAT DATANG DI WEBSITE KAMI

Aspers Danpasmar 3 Hadiri Seminar Nasional Program Studi BPI Fakultas Syariah dan Dakwah IAIN Sorong





Kota Sorong PBD - Aspers Danpasmar 3 Kolonel Mar Deyna Hakim Galuh Tirtanegara, S.I.Kom., CRMP., menghadiri Seminar Nasional program studi BPI (Bimbingan Penyuluhan Islam) fakultas Syariah dan Dakwah bertempat di aula IAIN Sorong, Jl. Sorong-Aimas, Klablim, Sorong Timur, Kota Sorong, Papua Barat Daya. Sabtu (19/10/24).


Seminar kali ini mengusung tema, "Dakwah Kultural dan Multidimensi di Papua" yang merupakan Dakwah dengan menggabungkan nilai-nilai Islam dengan budaya lokal. Dakwah tersebut didasarkan pada pandangan bahwa kehidupan manusia dan masyarakat selalu berubah dan berkembang seiring perkembangan zaman.


Dalam sambutannya Sekretaris Jenderal MUI Pusat Dr. Andi KH. Amirsyah Tambuan, M.A., mengatakan bahwa melalui kegiatan tersebut para mahasiswa-mahasiswi generasi penerus bangsa dapat memberikan pemahaman tentang ajaran Islam serta menyampaikan pesan agama dengan memperhatikan, memperhitungkan dan memanfaatkan adat istiadat, seni dan budaya lokal yang tidak bertentangan dengan ajaran Islam itu sendiri. 


Sementara itu Dr. H. Surahman Amin, Lc., M.A., selaku Dekan Fakultas Syariah Dakwah IAIN Sorong mengatakan Dakwah Kultural sendiri adalah dakwah yang menekankan aspek kebudayaan dan kearifan lokal dalam penyebaran Islam, tanpa ada unsur politik di dalamnya. "Dakwah ini juga berfokus pada kebaikan yang bersifat universal sehingga dapat diterima oleh seluruh umat manusia, tanpa melampaui batasan waktu dan tempat," pungkasnya. 


Adapun rangkaian Seminar diawali dengan persembahan tarian adat oleh mahasiswa IAIN Sorong, pembacaan ayat Suci Al-Quran oleh saudari Nazirah Ikhwani, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan penyerahan Cinderamata serta diakhiri dengan foto bersama.


(Tim/Red)

Posting Komentar

0 Komentar