test banner SELAMAT DATANG DI WEBSITE KAMI

Danlantamal V Hadiri Wisuda Purna Wira Perwira Tinggi TNI AL

LANTAMAL V | Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) V Laksma TNI Dr. Arya Delano, S.E., M.Pd., M.Han., didampingi Ketua Korcab V DJA II Ny. Febri Arya Delano menghadiri Upacara Wisuda Purna Wira (WPW) Perwira Tinggi (Pati) TNI AL Tahun 2024 yang digelar di Lapangan Laut Arafuru, Akademi Angkatan Laut (AAL), Bumi Moro, Surabaya. Kamis Malam (10/10/2024).

WPW Pati TNI AL merupakan salah satu tradisi TNI AL yang melambangkan berakhirnya masa pengabdian seorang Perwira Tinggi TNI AL, yang selama masa kedinasannya mencurahkan pengabdian untuk kepentingan Bangsa dan Negara. WPW dipimpin langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, S.E., M.M.,M.Tr.Opsla.

Sebanyak 68 Wisudawan Purna Wira Pati TNI AL mengikuti acara tradisi ini terdiri dari 1 (satu) orang Pati bintang empat berpangkat Laksamana TNI, 7 (tujuh) orang Pati bintang tiga berpangkat Laksamana Madya TNI/Letnan Jenderal TNI Marinir, 24 (dua puluh empat) orang Pati bintang dua berpangkat Laksamana Muda TNI/Mayor Jenderal TNI Marinir dan 36 (tiga puluh enam) orang Pati bintang satu berpangkat Laksamana Pertama TNI/Brigadir Jenderal TNI Marinir.

Kasal dalam amanatnya mengatakan bahwa acara tersebut memiliki makna berupa pewarisan nilai-nilai luhur kepemimpinan TNI AL dari generasi pendahulu kepada generasi muda.

“Kepemimpinan saat ini yang telah memasuki masa purna bakti terus kita lestarikan kepada generasi muda yang akan melanjutkan nilai-nilai tersebut dalam penugasannya di TNI AL,” ucap Kasal.

Kasal juga mengatakan TNI AL terus berupaya membangun kekuatan dan pembinaan kemampuan guna menghadapi kondisi lingkungan strategis yang semakin cepat dan kompleks.

“TNI AL terus membangun dan melakukan pembinaan kemampuan, untuk menghadapi dinamika perkembangan lingkungan yang semakin cepat dan kompleks. Selain itu TNI AL juga dituntut untuk adaptif dan responsif dalam menjaga kedaulatan NKRI,” ungkap Kasal.

Pada Upacara WPW Pati TNI AL terdapat dua momen penting yang akan dilaksanakan oleh para wisudawan yaitu Upacara Militer dan Acara Tradisi.

Pada saat upacara militer akan dilaksanakan penyerahan piagam penghargaan dari Kasal kepada perwakilan wisudawan, dalam hal ini Laksamana TNI (Purn) Yudo Margono sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan atas Dharma Bhaktinya.

Para Wisudawan Purna Wira Pati TNI AL juga akan menerima cinderamata yang akan diserahkan oleh Kasal dengan menerima Kartu Pepabri, Perip, PPAL serta PIPAL yang akan diserahkan oleh Ketua Pepabri kepada perwakilan Wisudawan.

Acara diakhiri dengan pelepasan para Wisudawan Purna Wira TNI AL melewati Gapura Pedang sebagai simbol menghantar para senior yang memasuki masa purna bakti oleh para junior yang masih aktif untuk kembali ke masyarakat.

Posting Komentar

0 Komentar