test banner SELAMAT DATANG DI WEBSITE KAMI

Perkuat Satrol Lantamal V, Danlantamal V Sambut KRI Butana-878

LANTAMAL V | Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) V Laksma TNI Dr. Arya Delano, S.E., M.Pd., M.Han., menyambut kedatangan KRI Butana-878 yang akan memperkuat Satuan Kapal Patroli (Satrol) di jajaran Lantamal V bertempat di Dermaga C Koarmada II, Ujung, Surabaya. Selasa (08/10/2024).

Acara penyambutan diawali dengan penghormatan kepada KRI dilanjutkan dengan pengalungan bunga oleh Danlantamal V kepada Komandan KRI Butana-878 Mayor Laut (P) Mega Yudha Prabowo dilanjutkan dengan Laporan Komando (Lapko) Komandan KRI Butana-878 kepada Danlantamal V yang dihadiri oleh Wadan Lantamal V, Asops, Asrena, Aslog, Aspotmar Danlantamal V, Kafasharkan, Dansatrol dan Kasatker Lantamal V terkait. Kegiatan diakhiri dengan foto bersama dan yel yel dari prajurit KRI Butana-878.

Danlantamal V berharap bahwa KRI Butana-878 dapat berfungsi sebagai Kapal Patroli untuk mendukung kegiatan-kegiatan operasi pada situasi damai maupun perang serta responsif terhadap segala bentuk penegakan hukum di laut dan memiliki kemampuan dalam pelaksanaan setiap tugas sehingga dapat bermanfaat bagi negara dan bangsa.

“Semoga keberadaan KRI Butana-878 di Lantamal V dapat memperkuat alutsista dalam menjaga wilayah kerja Lantamal V,” ujar Danlantamal V.

Untuk diketahui, KRI Butana-878 ini merupakan salah satu jenis Kapal Perang Patroli Cepat  (PC-40 M) meter karya anak negeri yang diresmikan oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr.Opsla bertempat di Galangan Kapal PT. Citra Shipyard, Batam.

KRI Butana-878 memiliki sejumlah keunggulan yakni dipersenjatai dengan 1 unit meriam 30 mm dan 2 unit meriam 12,7 mm, dapat melaju dengan kecepatan maksimal 24 knot serta memiliki kecepatan jelajah mencapai 17 knots.

Posting Komentar

0 Komentar